Kehadiran buah hati atau  seorang bayi  memberikan  suasana rumah yang berbeda. buah hati  merupakan anugerah yang tidak biasa di ungkapkan  dengan kata-kata.tangisan seorang bayi jika  tidak kunjung henti, biasanya membuat panik ibu /orang tua.

Umunya Tangisan bayi disebabkan  keadaan yang tidak nyaman. Bisa jadi karena haus minta susu, kepanasan, adapula pakaian yang tidak nyaman seperti selimut yang bahannya kasar  membuat gatal dan berdampak pada kulit bayi .

Kulit bayi biasanya sangat sensitif. kita sebagai orang tua harus memahami selimut bayi yang aman untuk anaknya , karena tidak semua jenis selimut cocok untuk bayi. Bayi memiliki kategori selimut yang khususkan untuknya. Jika tidak diterapkan dengan benar, maka  bayi merasa tidak nyaman dan menangis berkepanjangan di malam hari .

Manfaat  utama selimut bayi adalah untuk membuat bayi merasa  hangat dan membungkusnya sehingga otot-otot dan tulang bayi ketika di bedong dapat tumbuh dengan sempurna. karena dia Saat dibedong, bayi akan merasa lebih nyaman dan hangat.

Beberapa variasi dan  jenis Warna, ukuran, berat,  dan memiliki  fungsi selimut yang berbeda-beda. Ada yang ringan, cukup berat, dan berat. Beberapa jenis selimut bayi bahkan khusus diciptakan lebih  lembut karena bersentuhan dengan kulit bayi langsung. selimut bayi yang berfungsi hanya sebagai penghangat tubuh serta harga selimut bayi yang bervariatif mulai yang mahal dan termurah

Saat memilih bahan selimut bayi, lebih baik perhatikan daya tahan selimut tersebut. Selimut yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama, mudah dibersihkan, dan dibuat dari bahan-bahan ramah bayi.

Bayi terbiasa untuk memegang dan mencengkram selimut miliknya. maka dari itu kamu perlu memperhatikan kebersihan selimut tersebut. Bayi dapat dengan mudah memasukkan selimut ke dalam mulutnya,meskipun selimut tersebut tidak bersih.

Jika terjadi efek terhadap kulit bayi  ganti selimut . karena dapat membuat bayi tidak  nyaman saat tidur. untuk itu jaga  kualitas selimut.

Beberapa Jenis Selimut Bayi yang Baik untuk Bayi Kita:

  • Selimut bedungan (receiving blanket)

Selimut bedungan memiliki bahan yang sangat halus dan sedikit memiliki bulu. Bentuknya pun  persegi empat dan memiliki motif bermacam macam serta beranekaragam,tapi banyak juga yang menjual  tanpa motif alias polos. usahakan kita harus memiliki Selimut bayi karena bayi  sering mengompol dan membasahi selimut .Saat selimut kita gunakan untuk  membedong basah dan kotor.

  • Selimut lampin (swaddling blankets)
    Fungsi untuk menenangkan bayi yang sedang  menangis.tidak jauh beda dengan bedungan Selimut lampin biasanya memiliki bentuk yang bervariasi, seperti persegi empat dengan ukuran sangat besar, ada juga yang bentuknya menyerupai kerucut..
  • Selimut berkepala hewan (security blankets)
    Selimut bayi ini mempunyai bentuk yang  sangat unik. Bentuknya mengerucut dengan kepala hewan sebagai diatas atau ujungnya. Berbahan juga sangat halus dan dijual dengan berbagai karakter hewan yang beraneka ragam dan sangat nyaman sekali buat hati kita.
  • Karung tidur bayi (sleep sacks)
    Produk selimut bayi ini jarang sekali di jual pasaran indonesia. Selimut ini memiliki cara  dan konsepnya yaitu memasukkan seluruh badan bayi, tanpa kecuali kepala ke dalam karung tidur. Tangan, kaki, dan badan bayi akan terlindung dari hal-hal berbahaya saat sudah berada di dalam karung tidur ini.

Berikut ini  adalah beberapa jenis material atau bahan yang umum digunakan untuk sebuah selimut bayi:

  1. Katun
    Kain katun merupakan jenis  bahan yang paling umum digunakan untuk pembuatan selimut bayi. Katun memiliki harga yang relatif paling murah jika kita dibandingkan dengan bahan lainnya. Katun dapat menyerap keringat secara maksimal  maksimal, lembut, dan dingin
  2. Serat katun
    Serat katun merupakan  jenis bahan  yang biasa digunakan untuk selimut bayi. Selimut berbahan ini sangatlah lembut saat kita pegang dan tahan lama. bahan ini lebih murah ,ekonomis dan mudah dibersihkan.
  3. Mikrofiber
    Bahan mikrofiber merupakan  bahan serat sintetis yang tahan akan noda ya dan cairan seperti bahan waterproff. Selimut berbahan mikrofiber sangat mudah untuk dibersihkan dan aman terhadap noda.
  4. Bulu domba
    selimut bayi berbahan bulu domba memiliki kemampuan serta bahannya  cepat kering ketika kita jemur, tapi hati hati jika menggunakan selimut ini langsung bersentuhan dengan kulit bayi sebaiknya gunakan pelapis lainya.