Cara Menjaga Imunitas Tubuh Dimasa Pandemi

  • Whatsapp
Cara Menjaga Imunitas Tubuh Dimasa Pandemi

Dimasa COVID-19 ini, pola hidup masyarakat sangat berubah drastis. Mulai dari interaksi sosial sampai pada kegiatan pembelajaran dan perkantoran. Social Distancing, menjadi anjuran dari pemerintah guna meredam penyebaran virus COVID-19 ini. Selain Social Distancing, anjuran memakai masker, dan menjaga kebersihan diri juga menunjang untuk penyebaran virus ini. Tetapi ada satu hal yang kita tidak boleh disepelekan, yaitu Menjaga kesehatan diri, serta menjaga imunitas tubuh. Agar tubuh kita tidak mudah terserang virus apapun. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengkonsumsi suplemen rupanya dipercaya sebagai salah satu cara menjaga imunitas tubuh untuk menghalau pilek dan infeksi yang mudah menular.

Penambahan suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal, terutama jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi. Sistem kekebalan tubuh kita bisa saja menurun jika bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Semua itu tentunya bisa membuat kita menjadi sakit. Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh kita, seperti wabah flu yang sering terjadi saat musim hujan (karena virus bertahan di udara lebih lama pada musim ini), mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur dan mengalami stres.  Perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti pergantian musim atau ketika masuk musim hujan, juga dapat mempermudah terjadinya infeksi. Bagi kita yang aktif melakukan segala aktivitas setiap harinya, tentu sangat mengganggu jika kita mudah terkena batuk, pilek, dan kondisi yang mempengaruhi daya tahan tubuh. [1]

Ternyata ada sinya-sinyal yang diberikan oleh tubuh kita, apabila imunitas kita menurun, Seperti kita cepat sekali untuk lelah, nyeri otot, luka yang lambat sembuh, dan sering masuk angin. [2] Apabila kita menghiraukan sinyal-sinyal tersebut, dipastikan tubuh kita akan mudah terserang penyakit, karena imunitas kita sedang melemah. Namun ada beberapa cara menjaga imunitas tubuh kita. Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, penting untuk menerapkan pola hidup sehat.. Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh:

  1. Perbanyak makan sayur dan buah
    Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, kita disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.
  2. Cukup istirahat
    Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia kita. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.
  3. Hindari stres
    Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. kita perlu mengelola stress dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.
  4. Rutin berolahraga
    Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah
  5. Hindari rokok dan alkohol
    Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, berisiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.
  6. Mengkonsumsi Suplemen. Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. [3]
  7. Alokasikan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari
    kita telah banyak mendengar anjuran untuk berjemur sebentar di bawah sinar matahari. Sinar matahari disebutkan dapat memberi energi salah satu sel imun, yakni sel T. Berjemur sebentar pun bisa membantu mood kita lebih baik. [4]

Dan yang cukup penting dalam menjaga imunitas tubuh ada, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Cairan sangat penting bagi tubuh manusia, terutama yang berasal dari air putih. Tanpa cairan, tubuh akan dehidrasi, lemah, dan kesehatan pun akan terganggu. Itulah sebabnya banyak pakar yang menyarankan untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Mungkin kita bisa menahan lapar lebih lama, tapi kita tidak akan sanggup jika menahan haus lebih lama.[5] Dalam memilih air putih untuk menjaga imunitas, harus dipilih secara selektif, karena hal ini bersangkutan dengan tubuh kita. KIta wajib memilih air minum berkualitas, Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA yang terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

  1. https://www.alodokter.com/menjaga-daya-tahan-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
  2. https://id.theasianparent.com/cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh
  3. https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
  4. https://www.sehatq.com/artikel/cara-menjaga-imun-tetap-sehat-untuk-lawan-virus-corona-covid-19
  5. https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-cairan-tubuh-untuk-kesehatan

Related posts