Cara Mengatasi Mual saat HamilMual, atau morning sickness, adalah hal biasa bagi wanita hamil. Sebagai fenomena yang umum, maka sebagian besar wanita akan merasakan mual ketika hamil. Tapi, akan sangat berbahaya ketika morning sickness ini diikuti dengan perut yang terasa begah dan tidak enak, kemudian tubuh yang jadi lemas, serta rasa sakit di kepala yang juga menyiksa.

Dalam beberapa kasus, mual ini akan berakhir dengan muntah. Tentunya, hal tersebut juga berbahaya karena bisa mengakibatkan dehidrasi. Kekurangan cairan ini tidak hanya membahayakan si ibu, tapi juga anak yang dikandungnya.

Wanita biasanya akan mendapat serangan morning sickness yang cukup parah pada pagi hari. Itu menjadi penyebab kenapa penyakit ini dinamakan morning sickness. Selanjutnya, pada siang dan malam hari, rasa mual ini akan berkurang. Ditambah lagi, morning sickness juga akan perlahan-lahan menghilang ketika usia kandungan sudah mencapai 4 bulan.

Tapi, jumlah wanita hamil yang menderita morning sickness baik pagi, maupun siang dan malam sekaligus juga ada banyak, loh. Serta, wanita hamil yang tetap diterpa morning sickness pada usia kehamilan di atas 4 bulan, bahkan sampai 9 bulan penuh, juga ada. Apalagi, untuk wanita yang mengandung bayi perempuan, dan bayi kembar, maka kemungkinan tersebut akan semakin besar.

Namun, jangan khawatir, karena Anda bisa mencoba untuk mengurangi bahkan mengatasi rasa mual ketika hamil tersebut dengan berbagai cara. Bisa dengan minum obat dari dokter, maupun cara alami. Bagi yang tidak ingin minum obat, karena alergi atau takut efek sampingnya, maka bisa menggunakan cara alami seperti yang direkomendasikan berikut ini:

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang dan Makan Sebelum Lapar

Hal ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yakni berhentilah makan sebelum kenyang dan makanlah sebelum lapar. Baik terlalu kenyang, maupun terlalu lapar, bagi wanita hamil sama-sama menjadikan mual. Untuk itu, Anda bisa siapkan makanan kecil, apabila nanti tiba-tiba akan lapar. Jangan lupa pula banyak minum air putih, untuk terus menjaga cairan tubuh tetap sehat. Bagi wanita hamil, perlu minum hingga 12 gelas selama satu hari.

2. Bangun Lebih Pagi

Bila Anda bangun pada pukul 05.00 pagi, maka mulailah dengan bangun 1 jam lebih awal. Apabila Anda bangun terlambat, maka segera Anda akan tergesa-gesa. Hal itu akan membuat Anda pusing, dan kemudian memancing rasa mual itu datang. Siapkan pula makanan kecil di samping tempat tidur atau di kamar Anda, agar Anda sesegera mungkin dapat mengisi perut sesaat setelah bangun. Jangan lupa untuk minum air ketika baru bangun tidur, yah.

3. Istirahat yang Cukup

Meski bangun lebih pagi, bukan berarti jadwal istirahat Anda menjadi berkurang. Cara mengakalinya adalah dengan memulai istirahat lebih cepat. Anda juga bisa menambah waktu istirahat Anda pada siang hari. Intinya, jangan sampai istirahat Anda kurang. Karena hal itu bisa membuat tubuh Anda lemas, yang akhirnya memicu mual tersebut datang lagi.

4. Makan Sayur dan Asam, Hindari Gorengan dan Pedas

Makanan yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain lemon, jahe dan snack yang ringan. Lemon dan jahe adalah pilihan yang paling pas untuk mengatasi mual ketika hamil. Ketika Anda mual, maka makan lemon dan jahe akan membuat rasa mual Anda akan berkurang dengan cepat dan efektif.

Untuk makan berat, Anda bisa memilih sayur-sayuran, sup, kentang dan sebagainya untuk menjadi pilihan makanan Anda. Hindari gorengan, makanan berminyak, serta pedas. Hal itu bisa memicu morning sickness Anda semakin parah.

Hal-hal tersebut tidak hanya bisa mencegah rasa mual Anda datang, tapi juga bisa mengatasi rasa mual itu ketika datang kembali. Terpenting, tetap jaga kesehatan tubuh agar tetap prima ketika hamil. Hindari hal-hal yang bisa membuat Anda merasa mual, seperti aroma yang tak sedap, makanan yang tak Anda sukai dan lain sebagainya.