Kulit bayi yang lembut, halus, kenyal dan juga sehat tentu saja menjadi hal yang diinginkan tidak hanya untuk bayi namun untuk orang tuanya. Namun, tidak dapat di pungkiri juga bahwa kulit bayi rawan mengalami iritasi ataupun alergi yang ditandai dengan adanya ruam merah atau biang keringat pada kulit si kecil.

Iritasi yang terjadi pada kulit bayi tidak hanya disebabkan oleh salahnya pemilihan sabun mandi, namun juga dapat terjadi karena adanya kesalahan dalam pemilihan sabun cuci pakaian. Penggunaan sabun cuci pakaian yang salah dapat menyebabkan iritasi pada kulit si kecil karena adanya kemungkinan kandungan yang tidak aman bagi kulit sensitive si kecil.

 Tips memilih detergen yang aman untuk pakaian si kecil

Pastikan untuk memperhatikan komposisi atau kandungan yang terdapat pada detergen sebelum anda membelinya. Bahan-bahan tertentu seperti soda api dapat menyebabkan kulit si kecil mengalami gatal . adanya kandungan sodium lauryl sulfat pun menjadi hal yang berbahaya bagi kulit si kecil.

Jangan lupa untuk melakukan tes sebelum membeli detergen atau sabun pencuci pakaian bayi dalam kemasan besar. Coba cuci pakaian si kecil sekali atau dua kali dengan detergen tersebut dan amati reaksi kulit si kecil. Coba sleek baby untuk sabun cuci bayi jika anda merasa mencoba-coba detergen tidak relevan karena sleek baby sudah di formulasikan khusus untuk bayi.

Utamakan menggunakan detergen yang berwujud cair daripada serbuk karena umumnya detergen cair menghasilkan sedikit busa sehingga lebih aman untuk kulit si kecil. Detergen cair juga mampu untuk masuk ke dalam serat-serat kain sehingga lebih mudah membersihkan kotoran, selain itu detergen cair juga tidak berpotensi meninggalkan residu atau bekas detergen pada pakaian si kecil.

Selain menggunakan detergen yang berwujud cair untuk mencuci pakaian si kecil, jangan lupa juga untuk menggunakan Sabun cuci bayi khusus kulit alergi karena sabun yang memiliki kandungan anti alergi akan lebih aman digunakan si kecil. Adanya anti alergi pada sabun cuci pakaian berarti kandungan yang ada di dalam sabun cuci pakaian bayi tersebut aman dan tidak akan menyebabkan iritasi maupun alergi.