Setiap mesin pasti memiliki batasan tertentu atau nilai toleransi: mesin bisa beroperasi secara normal. Seperti halnya pada pompa, pasti mempunyai nilai kapasitas maksimal tetapi pada kenyatanya hanya dapat beroperasi sejumlah 80% dari kapasitas maksimal. Pasalnya setiap peralatan memiliki nilai safety yang perlu dipertimbangkan, agar ke depannya berjalan dengan lebih optimal dan awet. Hal itu juga berlaku pada penyedia panel surya yang mengenal nilai efisiensi pada solar cell.

Pada dasarnya nilai dari efisiensi solar cell atau panel surya dari Sewatama adalah nilai dari sinar matahari yang bisa dikonversi menjadi listrik melalui membrane photfoltaic. Tingka efisiensi dari solar cell bergantung terhadap spektrum cahaya yang masuk, pemasangan, suhu lembaran panel surya, dan faktor cuaca.

Meski Anda tidak melakukan pemasangan secara langsung paling tidak Anda harus mengetahui dasar-dasar hitungan panel surya. Pasalnya ketika Anda memesan jasa pemasangan panel surya tidak akan tertipu dengan aplikator. Bisa juga, Anda menjadi bagian dari purchasing dalam perusahaan yang bergerang pada pengadaan solar cell, sehingga tidak terjebak semata-mata dengan menentukan supplier dengan harga murah.

Umumnya suatu panel surya mempunyai efisiensi hanya berkisar dari 20% hingga 30%, artinya secara mudah panel surya bisa mengkonversikan sekiat 20% dari semua energi cahaya. Sisa dari cahaya yang diterima akan dipantulkan kembali ke udara. Dalam kondisi standar, panel surya yang luasnya 1 meter persegi bisa menghasilkan energi mencapai 200 W per jam masa operasi. Namun hal ini bukanlah nilai pasti. Daerah dengan paparan sinar matahari yang intensitasnya tinggi panel surya bisa menyerap lebih banyak energi hingga 3.000 W per jam.

Sebagai contoh hitungan efisiensi, dalam seuatu sistem yang telah dirancak menyerap energi sebesar 200 W pada arena 1.5 m2. Lalu, berapa nilai efisiensi maksimalnya?! Dalam hal ini Anda akan menggunakan nilai pada indicent radiation flux sejumlah 1.000 w per meter persegit. Artinya, setiap meter persegi cahaya matahari dapat memberikan daya hingga 1.000 watt.

Melalui hitungan ini maka Anda tidak akan bingung lagi dalam menentukan ukuran dari penyedia panel surya. Nah, sekian sudah penjelasan yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini. Jika berkenan Anda bisa berkunjung langsung ke Sewatama.