Selama penyebaran wabah virus corona, salah satu cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan isolasi diri. Hal ini dapat mudah dilakukan yaitu dengan tinggal di rumah sebagai cara efektif untuk dapat menghindari penyebaran corona. Cara ini sendiri akan mudah dilakukan untuk introvert yang memang suka kegiatan di rumah dibandingkan pergi ke luar. Sedangkan untuk extrovert akan menemui beberapa masalah karena tidak nyaman untuk selalu berada di rumah dan tidak dapat melakukan aktivitas yang disukainya. Padahal ketika di rumah juga ada banyak cara untuk menghabiskan waktu agar karantina tetap terasa menyenangkan. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin tetap merasa senang selama masa isolasi yang biasanya berlangsung hingga 2 minggu atau lebih bisa untuk melakukan beberapa hal berikut ini agar lebih memfokuskan pikiran selama karantina:

  • Menyadari pentingnya karantina

Hal pertama yang dapat membuat Anda fokus melakukan isolasi atau karantina diri adalah bisa dengan menyadari dan fokus pada manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini. Social distancing merupakan hal yang digaungkan dan dilakukan di banyak negara untuk dapat menghindari penyebaran corona ke lebih banyak orang. Cara ini sendiri sudah banyak berhasil seperti yang telah diterapkan di Wuhan dan China yang sekarang ini sudah mulai mempunyai kehidupan yang kembali normal. Oleh karena itulah ketika merasa bosan maka bisa untuk mengingatkan diri kembali akan pentingnya isolasi sebagai cara terbaik melawan penyebaran corona. Adapun untuk manfaat lain dari karantina selama penyebaran covid-19 ini dapat Anda baca lebih lanjut di Halodoc.

  • Melakukan rutinitas harian

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan agar tetap fokus isolasi adalah dengan tetap melakukan rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Misalnya bagi Anda yang bekerja juga dapat bekerja dari rumah atau work from home. Sehingga tetap bisa untuk rapat dan bekerja seperti biasanya, akan tetapi hanya dari alat komunikasi dan dikerjakan di rumah. Selain itu juga bisa melakukan kebiasaan sehari-hari seperti berolahraga di rumah, tetap menjaga pola makan, dan juga pola tidur seperti pada hari-hari biasanya.

  • Membuat jurnal

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan agar tetap fokus adalah dapat membuat jurnal selama masa karantina virus corona. Hal ini merupakan cara yang paling baik sehingga dapat menjadi cara untuk menenangkan diri dan juga membuat kenangan. Selain dengan cara membuat jurnal seperti di notebook, sekarang ini juga lebih mudah karena bisa untuk membuat jurnal yang lebih modern seperti di media sosial sebagai sarana untuk berbagi mengenai karantina yang Anda lakukan di rumah.

  • Berpikiran positif

Hal selanjutnya yang dapat untuk menjaga tetap fokus selama karantina adalah dengan berpikiran positif. Dimana hal ini menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga imun tubuh tetap sehat sehingga tidak mudah sakit. Anda bisa untuk berpikiran positif dengan cara realistis yaitu menghindari semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan terhadap penularan corona. Hindari juga agak panik ataupun cemas secara berlebihan karena dapat membuat daya tahan tubuh menjadi turun.

  • Mengerjakan tugas yang tertunda

Hal terakhir yang dapat membuat fokus dan tidak bosan selama karantina karena virus corona adalah dapat mengerjakan berbagai macam tugas yang tertunda. Misalnya dapat untuk memperbaiki barang rumah yang sebelumnya belum sempat untuk diperbaiki. Selain itu juga dapat untuk menghias kembali rumah, menulis buku, membaca buku, melukis, merapikan kebun, dan berbagai hal lainnya yang tidak sempat dilakukan.